Friday, March 02, 2007

PENDAPAT SAYA TTG MIRIS DAN SEMPITNYA PEMIKIRAN ORANG AKAN PENYEBARAN PENGETAHUAN DAN ILMU

Beberapa waktu lalu dalam sebuah situs komunitas ada yang mempermasalahkan tentang penulisan dalam sebuah komunitas internet. Beberapa diantaranya ada yang memprotes secara “jinak” mengenai karya tulisan yang ada dalam komunitas tersebut. Kemudian ada pula yang secara “lembut” memberikan masukan ataupun pemecahan masalah agar tidak menjadi polemik dalam suatu komunitas tersebut.

Dalam pandangan saya memang di dunia internet masing-masing orang mempunyai idealismenya sendiri dan itu berlaku dalam kehidupan sosial bermasyarakat pada umumnya. Namun sekiranya, hal tersebut jangan sampai menjadi sebuah polemik diantara sesama anggota komunitas dan ujung-ujungnya dapat merusak persaudaraan yang terjalin dalam suatu komunitas. Bukankah suatu komunitas dibangun berdasarkan kesamaan ide, pandangan, kesamaan ragam, realitas dan idealisme yang sama? Sekiranya hal tersebut bila meragukan perlu dipertanyakan lagi akan apa tujuan membangun suatu komunitas.

Dalam sebuah karya tulisan pribadi ( blog khususnya), pengetahuan dan ilmu merupakan suatu karya “hebat” yang dimiliki oleh kalangan “terpelajar” dan “intelektual” yang mempunyai integritas terhadap pengetahuan dan keilmuannya itu. Dalam beberapa karya (pembatasannya khusus ttg Blog..Ok) tersebut, bagi sebagian besar orang yang terpelajar dan intelektual bukan merupakan suatu kerugian bila ia menebarkan dan menyebarkan pengetahuan dan ilmunya itu untuk kemaslahatan orang banyak, namun sebagian lagi masih ada orang2 yang berpikiran sempit tentang keilmuan yang dimilikinya itu (mungkin dengan pemikiran dia udah ngeluarin biaya mahal kali untuk sekolah...wah kacian juga ni kalo pemikiran seperti ini..kapan majunya bangsa ini ya kalo semua seperti itu..Mindset nya perlu diubah kayaknya nih)

Namun kita perlu bangga dengan orang-orang yang ingin maju bersama-sama dengan pengetahuan dan keilmuan yang dimilikinya.

Coba perhatikan dan ikuti Blog2 dalam negeri seperti punya Mas Didat, Mas Pri, Isnaini, Jonru, Slamet Riyanto dan masih banyak lagi orang2 yang tidak sombong dan tidak pelit dan berniat memajukan bangsanya sekaligus beramal dengan pengetahuan dan ilmu yang dimilikinya. Betapa antusias dan mulianya mereka dengan menebarkan dan menyebarkan pengetahuan yang dimilikinya. Hal ini oleh beberapa orang yang pemikirannya masih sempit dan “agak terbelakang” rupanya masih menganggap pengetahuan sebagai suatu cost yang berharga buat mereka. Padahal itu semua tidak akan bermanfaat jika hanya dinilai secara materi keduniawian dan disimpan tanpa adanya pemikiran dalam dirinya bagaimana memajukan bangsa ini dengan cepat.(bukankah ilmu dan pengetahuan yang dipendam hanya akan memperlambat proses percepatan kemajuan bangsa sendiri?..iya ngga friend?) Bukankah agama juga mengajarkan untuk menyebarkan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki?

Menurut persepsi saya, kalo karya tulisan itu berguna buat kita semua, mengapa mesti dipermasalahkan? Yang terpenting tujuannya untuk kemajuan bersama dan dibutuhkan oleh orang banyak mengapa kita harus bersikap skeptis terhadap karya orang tersebut...ya nggak friend. Padahal orang yang memiliki karya itupun tidak meminta bayaran atas karyanya yang dimanfaatkan dan ditebarkannya. So...please open your mind..and upgrade your mindset..

Kiranya menjadi sebuah pertanyaan buat kita, sejauh mana kah amanah yang diberikan oleh Allah SWT ( dalam wujud ilmu dan pengetahuan) kita manfaatkan untuk kemaslahatan bersama sebagai umat / masyarakat? Sejauh manakah integritas kita terhadap keilmuan yang kita miliki yang hanya dipendam karena tingginya “perhitungan” cost yang dinilai hanya secara materi keduniawian?

Harapannya hanya kembali pada diri masing-masing pribadi sebagai orang yang diberi ilmu dan pengetahuan yang merupakan amanah dari Tuhan. So Please open your mind my friends...Ok

6 Comments:

At 9:54 PM, Anonymous Fany said...

Saya pernah menghadapi org yg 'sempit' jg, dan bikin saya jadi bimbang untuk berbagi.
Ceritanya mo sharing sesuatu, tapi pas saya omongin sama temen saya itu katanya saya kok sombong pake share2 segala, kayak udah hebat aja..
JLEB...
Jadi bingung..

 
At 9:27 AM, Anonymous zam said...

hehe..

saya malah jadi malu.. isi blog saya ndak mutu.. :D

tp niat saya kan cuma mau berbagi saja sih..

soal mo ditanggapin apa itu terserah.. wong itu blog-blog kita sendiri, ya terserah kita yang ngisi.. selama informasi itu benar dan jujur, ya ndak papa..

soal dia mo nanggepi macem-macem, kakean cangkem, crewet, gampang aja kang..

"Suruh siapa baca blog-ku?" beres..

 
At 11:21 AM, Blogger slamet said...

Terima kasih untuk mas Hidayat,
Blok saya disebutkan :) tapi terus terang saya juga masih banyak belajar di internet. Dan apa yang saya tulis itu merupakan beberapa referensi yang pernah saya baca, dan jika ada kesalahan mohon diberi masukan.

Ada sekitar 600 penulis di IlmuKomputer.Com yang juga dengan tulus dan ikhlas membagi ilmunya. Saya belum apa-apanya jika dibandingkan dengan mereka. Tapi yang pasti, saya sangat berterima kasih telah disebutkan diblog ini.

Salam,
Slamet R

 
At 1:40 PM, Anonymous didats said...

wah, aku disebut sebut di sini... :D
hihihi... :D

aku ngasih tulisan apa yg bermanfaat yak? kayaknya belom ada deh... toh blogku cuma personal aja isinya... hihihi

 
At 12:18 PM, Anonymous diditjogja said...

wow!! dah bangun dari tidur nih om?!
ok...semoga pikiran kita terbuka lebar!

 
At 10:14 PM, Anonymous boku_baka said...

saya juga ndak pelit..
cuma emang mepet aja ilmunya.
hehehe :-)

 

Post a Comment

<< Home